Tuesday, December 22, 2009

Hypnobirthing pada pasien dengan sugestibilitas tinggi

Sejak mengenal hypnosis dalam obstetri (hypnostetri) lewat metode hypnobirthing sekarang jadi keasyikan tersendiri. Bisa diterapkan untuk persalinan, muntah2 (hiperemesis), infertilitas, penjahitan luka episiotomi dan lain-lain.
Baru2 ini aku terapkan hypnosis untuk persalinan dan penjahitan luka episiotomi pada pasien primigravida (anak pertama). Pasien datang bertepatn dengan jam praktek (sedang melakukan ANC), sehingga akau hanya terima laporan dari bidan Miami (bidan di klinik ernes) bahwa pembukaan 4-5 cm dan ketuban sudah pecah (early rupture). Maka aku suruh relaksasi dulu dengan CD relaksasi Bu Lany yang bisa didapat pada buku hypnobirthingnya Mbak Evariny.

Selesai praktek aku datangi kamar bersalin dan ternyata pembukaannya sudah lengkap, tetapi posisi ubun-ubun kecilnya masih pada posisi jam 1 -2 (kiri depan). JAdi belum bisa di pimpi perslinannya. Nah kesempatan untuk melakukan hypnosis...Sementara menunggu ubun-ubun kecilnya berada pada posisi jam 12 (depan).

Memang agak sulit awalnya..mengingat pembukaan sudah besar dan rasa mengedan sudah mulai ada. Tetapi dengan keyakinan dan kesabarn aku coba...ternyata bisa masuk kedalam hypnosis...dan persalinanannya lancar. Episiotomi dilakukan karena perineumnya kaku.

Dilanjutkan saat akan menjahit luka episiotomi tadi, hypnosis diarahkan dengan si ibu membayangkan berendam dalam kolam air dingin setinggi pusat...eh reaksinya sangat luar biasa...si Ibu langsung menggigil kedinginan...cepet aku tambahkan perintah lain yaitu yang dingin cuma dari pusat kebawah, sedangkan dari pusat keatas terasa nyaman dan hangat seperti terkena sinar matahari pagi...dengan cepat menggigil kedinginannya hilang.

Sebelum dihypnosis untuk penjahitan, saat di usap dengan kasa saja pada daerah lipatan paha/selangkangan pasiennya sudah mengangkat, menggoyangkan dan menggelinjangkan panggul katanya sih geli luar biasa. Very2 sensitive woman...Bius lokal tetap aku pakai hanya sepertiga dari biasa (dengan dosis ini biasanya nyeri masih terasa).

Setelah hypnosis, saat disentuh dengan kasa sudah nggak bereaksi, Saat dilakukan penjahitan ibunya dalam keadaan terhypnosis dan luar biasanya nggak ada sedikitpun keluar suara keluhan kesakitan...begitu tenang...begitu damai...sampai jahitan selesai. Ketika ditanya oleh orang tuanya yang kebetulan ikut mendampingi proses penjahitan si Ibu mengatakan : TIDAK TERASA APA APA (PAINLESS).

Sebelum ini juga pada kasus lain aku pernah menjahit luka robekan (laserasi) tanpa bius sama sekali tetapi hasilnya nggak 100% memuaskan. Luka dijahit 4 buah...1-3 aman...saat jahitan keempat ibunya mengelurakan suar seperti (maaf) orang orgasme...Aku nggak tahu itu reaksi kesakitan atau apa...biggrinbiggrinbiggrin

Hayo buruan minta di hypnosis saat melahirkan...hem persalinan adalah proses yang nyaman...Persalinan normal pervaginam adalah persalinan terbaik bagi ibu dan bayi...